LOVE

Ini bukan soal cinta, ini soal anjing-anjing peliharaan gue, intinya cinta juga sih karena gue cinta sama mereka semua <3. Jadi, selama 7 tahun belakangan ini gue udah pernah menghabiskan hari- hari bersama 4 anjing. Nyokap gue takut banget sama anjing, katanya sih karena dulu pernah digigit gitu kakinya sama anjing herder bosnya. wkwk. ngeri juga yah..

Dari kecil, gue ga pernah boleh pelihara anjing, padahal tontonannya dulu Marley and Me, 101 Dalmantians, Air Bud, Lassie Come Home dannn…………….. masih banyak film-film luar lainnya yang banyak guguk2 lucunya yang ngegemesin banget! Agak kasian gimana gitu sih.. kalo inget diri gue waktu kecil dulu.. liat temen pelihara anjing, atau liat ada orang bawa anjing jalan, jealous banget gue liatnya! bahkan waktu SMP, temen les bahasa inggris gue dulu di salah 1 lembaga kurus bahasa inggris di daerah pramuka, yang berasal dari sekolah Al-Azhar dan beragama muslim cerita soal anjing punya dia dengan segala tingkah laku anjingnya yang ngegemesin banget… gue jealous banget! Dia aja pelihara guguk, masa gue enggak. itu dulu pemikiran gue. (sedih ya..)

Sampai lah akhirnya gue kerja setelah lulus SMA, gue jadi staff audit di salah satu perusahaan swasta, disitu gue kenal sama adik iparnya si owner perusahaan gue bekerja ini, dia tau gue seneng anjing, pas banget istrinya ipar bos gue ini udah mau melahirkan anak pertama mereka dan akhirnya anjing mereka mau dihibahkan, dengan penawaran yang dikasih, gue segera berangkat ke rumahnya weekend itu juga, yang berada di daerah PIK. Gue bawa pulang deh tuh anjing mix golden dan kampung, nyokap kaget banget dan udah ga bisa ngomong apa-apa. anjing gue taro di lt.2 dimana ada 1 kamar kosong, ruang cuci dan ruang setrika, semalaman itu anjing nangis, ukurannya udah selutut gue, gue kira udah dewasa, sampai gue liat kondisi lantai 2 udah ancur! kardus-kardus digigitin, isi hiasan natal bertebaran di lantai. hancur! ;’D SEMUA BERANTAKAN! semua dia gigitin! huahahahha! ternyata itu anjing baru umur 3 bulan! otomotis dia masih chewing :’) badannya aja yang emang tinggi! Setiap diberesin, 5 menit kemudian kondisinya lantai 2  udah begitu lagi. *ngeri banget loh kondisinya, kaya rumah kerampokan gitu* ada aja yang si guguk ini berantakin, padahal dia gue kasih nama Fluffy, yang artinya lembut, ternyata dia keberatan nama -___- hahahahha.

Bertahan 1,5 bulan, dengan tingkah Fluffy yang suka nendang mangkok makanannya karena dia bosenan dengan menu yang sama, bertahan dengan kemampuan dia ngegigitin tangan sampai tangan dan paha adek gue jadi biru-biru kayak ditonjokin gitu. wkwkwk *kasian banget* :’D nyokap udah ga bisa lagi karena itu anjing makin lama makin jadi galaknya, dengan berat hati, kami hibahkan Fluffy ke teman kantor 1 divisi gue, dia udh punya 2 anjing, dan mengerti cara mendidik anjing, sampai disitu aja hari-hari suram gue yang bagaikan babunya si Fluffy yang galak dan selalu bikin lt.2 hancur itu. wkwkwkkwk, pas ninggalin Fluffy gue nangis, tapi malamnya, kaka gue udah bawa 2 anjing baru.

Peto dan Kyle. guess what? Nyokap makin shock! kali ini bukan 1 tapi 2! wkwkwkwkwkwk. *sorry mom..* keduanya umur 3 tahun kala itu, Peto itu mini pomeranian yang mukanya lucu tapi bawel banget, suaranya nyaring, semua digonggongin. Sementara Kyle anteng banget, bentuknya kaya dogo argentino, dia anjing mix gitu.. dia jarang ngegonggong, tapi sering nagis, dia benci banget sama petir, kalo ada petir dia nangis lari-lari keliling rumah,terus ngegonggongin keluar jendela, mungkin maksud dia ngomelin petirnya, biar jangan berisik.. hahahaha..

3 tahun bersama Kyle, dia didiagnosa kena penyakit parasit darah (yang kata dokter belom ada obatnya gitu sih..) Waktu itu gue rasanya pengen marah tapi gatau harus marah ke siapa. marah karena obat yang belom ditemuin sama para ilmuwan pintar diluar sana. Februari 2016 lalu Kyle pergi kira-kira jam 04.45 pagi, saat gue kebangun karena dia pupup di kolong gue dan pipis disana, yupp, gue kebangun karena cium “aroma-aroma” itu.

Kyle selalu pipis di halaman luar, jadi gue maklum karena dia lagi sakit, badan dia kurussss banget hari-hari dia sakit itu, gue ambil barang-barang untuk bersihin kolong tempat tidur kasur, Kyle gue keluarin dari kolong, badan dia udah lemes banget saat itu, dia gue geser ke depan pintu kamar, dia udah ga kuat gitu.. ., jadi langsung rebahan si Kyle nya.. Gue bolak-balik pake karbol bersihin kolong kasur, biar kamar ga bau lagi, biar si Kyle nyaman juga disitu, soalnya pas sakit Kyle maunya tidur di kolong, padahal biasanya tidur di kasur, di sebelah kaki gue. Terus gue ke kamar kaka gue, ambil tissu basah dengan tujuan mau lap badan Kyle yang kena kotoran dia, (karena anjing sakit ga boleh dimandiin). Setelah tissu basah udah di tangan gue, gue hampirinlah Kyle yang lagi tiduran lemes, gue lap kakinya, gue lap pahanya, gue lap area perutnya, dan semua yang ada noda kotoran dia, gue ambil tissu basah ke-2 lap ulang lagi kakinya, gue makin bingung, “kok kakinya Kyle lemes banget yah?” pikir gue, gue coba angkat kaki depannya, lemes banget! kaki belakangnya gue goyang-goyang, ga ada beban sama sekali, terus badan Kyle gue tepuk-tepuk sambil panggi nama dia, barulah gue liat matanya, ga ada lagi bayangan gue di dalam mata Kyle, gue liat lidah dia menjulur keluar, lalu gue buka mulutnya, mulutnya dingin banget, gusinya udah pucat, gue panggil lagi namanya berkali-kali sambil gue elus-elus pipinya Kyle berharap dia kasih respon dari apa yang gue lakuin. Tapi respon yang gue harapin kayaknya cuma mimpi di atas atap. Kyle ga merespon sama sekali. Gue bingung harus ngapain. Mau nafas rasanya susah. Hati gue sakit banget. Gue ke dapur cuma mondar mandir gatau gue harus ngapain, gue sempat terisak disana, terus balik ke kamar, berdiri diam, balik lagi ke dapur, mondar-mandir ga jelas tapi gue udah ga nangis. dunia rasanya berhenti saat itu. Gue bingung, gimana harus kasih tau yang lain soal ini. Akhirnya gue ke kamar kaka gue, (kaka pertama dan ke-2 gue tidur di 1 kamar yang sama) gue cuma panggil nama kaka gue satu-satu, bilang “Kyle udah pergi”, kaka pertama gue yang masih setengah tidur cuma jawab, “hah? apa?” gue cuma jawab “Kyle udah ga ada. Kyle udah mati.” Pas bilang kata “mati”, gue ga kuat nahan nagis, jadi ngomongnya sambil nangis gitu deh.. Langsunglah ke2 kaka gue bangun dan ke kamar gue, kaka ke-2 gue nangis sejadi-jadinya, dan gue pun ga bisa tahan tangisan lagi, meledak juga deh gue, rasanya ga percaya banget ditinggal sama 1 sosok yang cuma hewan, tapi lo bisa ngerasa sakit banget dan kehilangan, hewan peliharaan yang lo habisin waktu bersama-sama ternyata udah menjadi bagian dari keluarga, kaya anak kecil lo, atau adik kecil lo, gue ga pernah sangka rasa sakitnya kehilangan itu dahsyat banget. Kyle dikubur di halaman rumah, tempat dia biasa main dan nangkapin kadal disitu, ga jauh dari pot-pot mawar berbagai warna yang kami tanam sudah bertahun-tahun lalu.

Setelah Kyle pergi, Peto si pom-pom jadi jarang banget makan, karena dia biasa makan dog foodnya kalo si Kyle lagi makan, si Peto itu bisanya ikut-ikutan tingkah Kyle aja deh, Kyle bikin a, Peto bikin a, Kyle bikin b peto harus bikin b juga.

Akhirnya 1 minggu setelah Kyle pergi kita pergi ke Pejaten Shelter untuk adopsi anjing disana. Ada 1 anjing yang manjaaaaaa banget sama kaka aku, namanya Bening, kabarnya dia dikasih nama Bening karena gigi dia putih dan bersih banget tanpa karang. Bening badannya gempal, tp lebih pendek dari Kyle, akhirnya karena jatuh hati sama Bening, kita minta izin untuk adopsi dia, beberapa hari kemudian, Bening diantarkan ke rumah oleh pihak shelter, kita ganti nama dia jadi Merry, yang artinya penguasa lautan. hehehe.. Merry coraknya mirip banget sama Kyle, tiap lihat Merry sebenernya gue sedih gitu karena sering jadi keinget Kyle, si Merry ini lucu banget, dia maunya jadi pusat perhatian, kasian Petonya sebenernya harus ngalah :’D. Padahal dulu biasanya Peto yang nindas si Kyle, maunya peto aja yang disayang, digendong, dikasih snack. Peto cemburuan banget sama Kyle :’D Tapi karena Merry anjing cewe, jadi Peto nya ngalah deh.. hahahahaaa ternyata anjing ngerti loh jadi gentleman! *ehem*

Nah ternyata….. Merry ini masih chewing karena umurnya masih 9 bulan, jadi kursi di teras habis digigitin, sepatu kuliah gue aja 4 dimakanin sama dia! :’) di teras dia muntah gitu, ada tali sepatu, kain lap, dan entah apa aja isi lainnya, lambung dia sampai luka gitu. Kita sempet bawa dia ke dokter hewan untuk dikasih obat lambung. Setelah itu ada lagi kebiasaan baru Merry, dia kan makannya banyak banget dan expresssssss banget! 10 detik juga abis itu nasi sama ayam suwir semangkok gede dilahap sama dia -__-. kalo ada yang pernah main game “plants VS Zombies”, pasti tau dong cara zombienya makan kayak apa, asal gigit, terus telan aja ga dikunyah gitu.. Nah, kira-kira gitulah cara si Merry abisin makanannya. wkwkwkwk. Alhasil, maap nih readers, pupupnya dia gede-gede bangettt!!!!!! terus suka berdarah karena kebiasaan dia gigitin kursi kayu di teras dan makanin kain-kain lap, pinternya lagi, dia pupup di sofaaaaaaaaaaaaaa………………………. hahahahhahahahaha kebayang gak sehari bolak balik pupup disana sampai cuci sofa muluuuuu. itu sofa selalu kita taro kardus, karena Merry entah kenapa gamau pupup di halaman, akhirnya kita memutuskan untuk menutup pintu rumah dan membiarkan Merry di teras dengan tujuan dia pupup di halaman luar! parahnya gengs, dia malah masuk ke kamar mama papa gue, lewat jendela kamar depan, dannnnnn dia pupup di kasur mereka!!!! :’D :’O

Waktu itu gue bingung banget dan takut banget ngadepin nyokap, karena dapet kabar itu pas gue di kampus. Pulang ke rumah, nyokap minta Merry dibalikin ke Shelter, mama kami udah ga bisa kami bujuk lagi, emang sih, mama udah sabar banget, dari kursi teras yang hancur, sofa yang bolak balik dicuci, sampai puncaknya nyokap udah ga bisa lagi. Gue abis diomelin waktu itu! wkwkwkw. Gue tau, nyokap juga sayang sama Merry, dia yang selalu sediain ayam buat Merry, ingetin gue buat ajak jalan Merry juga, tapi dia bilang, kita ga ada waktu karena kesibukan masing-masing untuk mengontrol Merry, dan dia masih guguk kecil yang butuh dididik, jadi bukan cara yang tepat kalau kita yang adopsi Merry.. 3 bulan doang Merry bareng kita, pas dibalikin ke shelter, disana pada komentar kalau Merry udah beda banget.. udah cakep, gempal, dan makin imut tentunya.. Berat tentunya ngelepas Merry, meskipun tingkahnya masih bikin geleng-geleng kepala. Mau ketawa sambil nangis tiap inget tingkahnya, *abis itu nangis beneran sih karena liat pupupnya yang banyak banget itu dan menanti untuk gue beresin.* wkwkwk, tapi yaudahlah, sekarang keluarga gue cuma punya Peto, si pompom galak yang selalu notice kalo ada orang dateng, yang ganjen sama cewe dan galak sama cowo-cowo, tapi langsung jinak kalo lo kasih makan.. hahahha.

Sekian dulu deh cerita gue tentang 4 anjing yang bersama gue dalam 7 tahun terakhir ini. oiya, gue pernah mimpiin Kyle juga loh udah 2x! Di mimpi, gue sadar kalo Kyle udah ga ada, dia mampir mau main doang karena kangen, kalo bisa ngomong ke Kyle, gue pengen banget minta maaf karena terlambat sadar kalau dulu dia udah nunjukin tanda-tanda dia ga sehat, gue pengen bilang gue sayang banget sama dia, dan sampai jumpa lagi suatu hari nanti! Mommy loves you Kyle.. 🙂

2 thoughts on “LOVE

  1. Oh Kyle I love You….
    semoga kamu tenang di alam lain.
    🙂

    *Ga kebayang Kiko, dari kecil sampai udah hampir mau pikun. sekarang udah ga kerja (nangkep tikus bandel) lagi, kerjanya hanya makan tidur, makan hanya yg di makan tuannya dan tidur hanya di samping tuannya tidur.
    12 tahun sudah Kiko setia menemani keluarga kami….
    Thn ini 2016 Kiko masih semangat walau ga kuat kejar kucing 😂
    Semoga Kiko sehat selalu 😢😢😢😭😭😢😢

    Kyle , We Miss You…

    Suka

Tinggalkan Balasan

