Awas Lapar!

Hey readers, gue mau review salah satu restoran batak di daerah Pramuka, yang udah terkenal juga tentunya, ga lain dan ga bukan adalah Lapo Ni Tondongta! Karena ini resto khas makanan batak, udah jelas yaa isinya pasti 100% HARAM :p

Restonya sendiri ukurannya kecil *kalo menurut gue*. Resto ini mungkin hanya menyediakan 8 – 10 meja aja, tapi 1 meja besar memang bisa dipakai oleh 10 orang, untuk meja kecil muatnya 4-5 orang aja. Tempatnya sendiri masih menggunakan kipas angin di langit-langit atapnya dari awal gue berkunjung kesini pas masih SD sama keluarga, sampai dengan gue udah berumur 24 tahun, *belom move on ke AC..* ada sih yang udah ada ACnya.. tapi yang cabang di apartemen Green Pramuka dan gue belom pernah kesana, jadi ga enak juga ya kalo gue ngereview tempat yang belom pernah gue datangin gitu.. 

Lapo Ni Tondongta sendiri sudah ada lebih dari 30 tahun yang lalu. Awal pertama Lapo Ni Tondongta buka berlokasi di Senayan, dan akhirnya buka cabang juga di tempat lain, gue dan keluarga biasa ke cabang Pramuka karena emang deket rumah aja šŸ˜€ biasanya mampir kesini di hari Minggu, setelah kami pulang kebaktian malam di gereja. Menu andalan yang biasa dipesan bokap-nyokap gue adalah sangsang (saksang) b2, sangsang b1 (kadang-kadang bokap pesan), panggang yang nyokap request khusus tanpa lemak, ikan mas arsik, ayam napinadar, dan susu horbo, gak ketinggalan untuk sayurnya ada sop, dan sayur singkong tumbuk.. *nulisnya udah sambil ngebayangin nih 👅💦

Anyway, sekarang gue mau kasih tau apa sih Sangsang atau yang biasa dikenal orang dengan sebutan saksang. 

Saksang

saksang

adalah masakan khas batak yang terbuat dari daging babi, daging anjing, atau kerbau yang dicincang dan dibumbui dengan rempah-rempah dan santan, serta dimasak baik dengan menggunakan darah hewan tersebut (margota) ataupun olahan rempah biasa tanpa darah (na so margota). Rempah yang termasuk dalam bumbu saksang antara lain; jeruk purut dan daun salam, ketumbar, bawang merah, bawang putih, cabai, merica, serai, jahe, lengkuas, kunyit dan andaliman.

Andaliman ini sering disebut mericanya orang batak, yang memiliki aroma jeruk yang lembut tapi bisa bikin sensasi kelu di lidah. Kaya bergetar-getar gitu deh lidahnya.. Rasa kelu di lidah ini disebabkan adanya kandungan hydroxy-alpha-sanshool pada rempah tersebut.

Nah, gue sendiri sih ga pernah mau makan sangsang.. soalnya mengandung daging b1 (biang) yang artinya anjing.. yang b2 juga gue ga mau makan, soalnya kayaknya pedes banget, meskipun gue penyuka makanan pedas, tapi kalo sangsang.. gue skip aja deh šŸ˜€

Babi Panggang

9cf90a4c95869efb840e318a9fa12781_featured_v2

Nah yang 1 ini memang enakkkkkkk bangetttttttt. *beneran gengs enak banget!* Bahan dasarnya udah pasti dong b2 / babi.. 🐷 Sebelum dipanggang, daging b2 ini disiram dengan sedikit asam, dan dinilai matang bila lemak dari daging sudah keluar dari permukaan si daging ini.. panggang ini biasa disajikan dengan 3 bumbu, yang gue juga baru tau dari hasil googling barusan, kalau bumbunya ternyata ada yg dari darah babi yang sudah dimasak dicampur dengan bumbu rempah, bumbu lainnya terdiri dari daun ubi dicampur dengan sup tulang babi dan bumbu rempah lainnya, dan yang terakhir yang paling normal gengs…. bumbunya terdiri dari cabai rawit ulek dengan garam aja.. 

panggang ini selalu disajikan dengan potongan jeruk nipis, kalau gue sih biasanya jeruk nipisnya gue  peras dulu ke atas daging panggangnya, baru deh si panggang ini dicocol dengan bumbu pendamping, dijamin 100% enak banget sumpahhhh.. btw mulut gue udh juicy aja nih ngebayangin si panggang 😅💦 Next deh, kita bahas ikan mas arsik 🐡

Ikan Mas Arsik

ikan-mas-arsik

Adalah ikan mas bumbu kuning, dimana bumbu arsik ini terdiri dari serai, lengkuas dan gak ketinggalan andaliman si merica batak.. ikan mas yang dilumuri bumbu arsik, diberi air dan dimasak sampai air mengering dan bumbu meresap sampai ke tulang-tulang ikan mas, tulang ikan juga menjadi lembut dan rapuh sehingga bisa dikunyah dan ditelan

Ayam Napinadar

Inti dari masakan ini adalah darah ayam itu sendiri.. duh ngeri banget ya.. dikit-dikit bahasannya darah mulu ternyata kalau ngomongin makanan batak. 😂

Anyway, ayam ini harus dipanggang dulu, baru deh disiram dengan saus spesial alias darah ayam, andaliman, dan bawang putih tumbuk yang sudah halus, lalu dimasak. untuk rasanya sendiri? ENAK LAHHHHHH…… gue aja kaget pas tau ternyata bumbunya itu…… 😱

Dali Ni Horbo atau Susu Horbo

001

Adalah susu kerbau yang diolah secara tradisional tanpa bahan kimiawi, yang dicampur dengan air sari nanas untuk membantu pengentalan susu, yang ini nih favorit gue bangetttt! rasanya enak banget!! susu kan biasa diminum, nah ini tuh lo makan, lo campur sama nasi, pakein sayur singkong dan kuah sop, ditambah daging panggang atau arsik! Udahlah.. komplit hidup lo. Surga buat lidah lo. 🙈👅👅👅👅…. lumer semua itu…… *sambil nelen ludah mulu nih nulis ini blog* 😅

Sayur Singkong

katalogkuliner-resep-daun-singkong-tumbuk-khas-batak-medan

Intinya sih ini daun singkong ditumbuk sampai halus banget, dicampur labu yang ditumbuk halus juga, lalu dimasak dengan santan, cabai merah, bawang merah dan bawang putih. Rasanya? Ga usah ditanya, ENAKKKKKKK

Sop

katalogkuliner-sup-babi

Sop di lapo itu airnya bening, dan ada potongan tulang-tulang berbalut daging.. daging b2 tentunya, kalau gue makan sop, gue ga makan dagingnya, gue ambil kuahnya aja, enak sih! capur singkong gt.. mantapppp

Oke deh ini aja menunya yang gue ulas, masih banyak lagi sih menu lainnya, contohnya ikan teri sambal, tapi biasa gue masak sendiri pake kacang goreng juga, jadi ga pernah order ikan teri pas ke lapo, nah abis makan, buahnya cuma ada pisang kalau di lapo, lain cerita kalo lo ordernya jus, ada banyak jus disini, dari jambu merah, jus alpukat, sampai terong belanda juga ada šŸ™‚

Buat pecinta makanan haram, lo harus buru-buru cobain deh masakan khas batak! dijamin keaslian haramnya 😂😆

p.s Hati-hati ketagihan 😈

LAPO NI TONDONGTA

Jl. Pramuka Raya No.12A,

Cempaka Putih, Jakarta Timur,

Daerah Khusus Ibukota Jakarta

10570

Iklan

4 thoughts on “Awas Lapar!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s