Presentasi Creative Marketing Class

Bulan November adalah bulan UTS atau Ujian Tengah Semester untuk kampus tersayang LSPR, kebetulan salah satu mata pelajarannya tidak mewajibkan ujian tulis, melainkan mengerjakan blog dan presentasi. YUPP, jadi ini blog ada, karena tugas dari dosen πŸ˜› postingannya udah diatur harus ada perkenalan diri, hobby, review salah satu restoran, dan para mahasiswa/i juga pastinya boleh post hal-hal lainnya karena blog ini tetap akan jadi milik kita setelah tugas selesai. Kebetulan gue juga enjoy menulis blog. Ini kegiatan yang menyenangkan kalau menurut gue.

Tugas terakhir untuk postingan kami adalah…… Harus mereview tentang presentasi creative marketing oleh kelompok masing-masing dan juga harus memilih salah 1 presentasi kelompok lainnya yang dirasa paling menarik !

Kelompok gue kebagian menjelaskan Corporate Offline, dimana suatu company melakukan tekhnik marketing offline yang berhasil.

Cadbury adalah company yang kami pilih, karena kebetulan brand manager Cadbury Indonesia adalah salah satu dosen London School sendiri, dan beruntungnya juga salah satu rekan satu kelompok gue kenal sama sang dosen yang sekaligus brand manager ini, jadilah data-data yang kami dapat valid dan langsung dari sumbernya.

Yang mau gue bahas disini adalah cara Cadbury menarik pembeli yang menggunakan Integrated marketing, Marketing Theory oleh Kotler and Keller

Integrated Marketinglebih merencanakan kegiatan pemasaran dan merakit program pemasaran yang sepenuhnya terpadu untuk menciptakan, mengkomunikasikan dan memberikan nilai bagi konsumen. Dengan kata lain, rancangan dan penerapan dari suatu aktivitas pemasaran adalah dengan melakukan bisnis secara menyeluruh dalam manajemen permintaan, manajemen sumber daya dan manajemen jaringan.

Konsep Marketing Kotler and Keller berorientasi pada tingkat penjualan, dimana pemasar beranggapan bahwa konsumen harus dipengaruhi agar penjualan dapat meningkat. Konsep ini mengansumsikan bahwa konsumen umumnya menunjukkan keengganan untuk membeli sehingga harus dibujuk supaya membeli. Yang dilakukan oleh Cadbury adalah memanfaatkan hari Valentine untuk meningkatkan penjualan cokelatnya, karena umumnya orang tidak akan membeli cokelat setiap hari, (kalo tiap hari, giginya bisa bolong juga, dokter gigi makin laku deh, sama pasien diabetes melitus tipe 2 juga dijamin tambah banyak di Indonesia. wkwk) Jadi…. Pada hari spesial tertentu penjualan Cadbury dapat ditingkatkan, dengan melakukan event yang mendorong customer untuk memboyong si Cadbury ini pulang ke rumah  customer masing-masing πŸ˜›

Cadbury banyak melalukan offline marketing seperti “say it with chocolate”, dimana para customer bisa custom sendiri loh di cokelat Cadbury mereka mau ada tulisan apa. Cadbury menyediakan chocolate machine nya gitu, tinggal kasih note berisikan pesan yang hendak ditulis di cokelat, dan mesinnya akan nge-press cokelat Cadburynya hingga berbentuk pesan-pesan yang kita inginkan. Jadi bisa nembak gebetan gitu deh, kasih aja cokelat, terus custom nyatain isi perasaan, pas dibuka bungkusnya dijamin meleleh tuh pasti si gebetan.. ehehehe

 Ada lagi nih, model promotionnya Cadbury yang bertema “Say it with silk”, dimana para customer tinggal langsung aja kasih tulisan di bagian pembungkus cokelat πŸ˜‰

 

Kalau menurut gue, presentasi kelompok lain yang OK banget adalah kelompok yang bahas tentang Kuliah Sambil Jalan / KUBILAN, dimana ada seorang tukang ojek yang merasa anak kuliahan kok pulang dari kampusnya seliweran aja depan pangkalan ojeknya, dan lebih memilih jalan kaki dibanding naik ojek, jadi si bapak ini bikin tulisa-tulisan nyeleneh di jalanan dengan harapan orang-orang akan berhenti untuk membaca tulisannya, dan notice ada OJEK! dan supaya mereka jadi tertarik naik ojeknya, singkat kata si bapak ini jadi terkenal deh, bahkan udah diundang ke Hitam-Putih juga, dan entah acara televisi mana lagi.

 

Sekian aja dari gue untuk review-nya!

Last but not least, karena ini adalah tugas blog terakhir dari mata kuliah Creative Marketing Communication, ga ada salahnya dong gue share juga foto para penghuni matkul yang satu ini, bersama dosen kami, juga para guest lecturers yang sempat hadir mengisi sesi belajar mengajar  πŸ™‚

cekidot ‡

Bye Readers…..! 

See you later on the Next (Wild) Post! 😈

Iklan

7 thoughts on “Presentasi Creative Marketing Class

    1. Lol. iya bener mba Mayang πŸ˜€ ini karena tugas kuliah. Untuk nilai UTS gitu..
      Barusan aku confirm ke temen aku dan ternyata bener, Fatin sama ada beberapa member jkt 48 yang kuliah di LS jg. Kebetulan pengetahuan tentang aktris2 wanita aku minim, jd harus pastiin ke temen2 dl sblm ngejawab pertanyaan mba Mayang nh . Ehehe :p

      Suka

      1. Iya nih berhubung aku seneng juga nulis blog. Kayaknya emang bakal lanjut sih mba.. hehee
        Yaa kayaknya boleh dibilang gt deh. Soalnya lulusannya memang banyak aktris nya.. tapi lebih banyak yang bukan aktris kok. Ewkwkwkwk

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s